Review Webinar Meniti Karir di Industri Alat Berat dan e-sertifikat

Rabu, 06 Apr 2022, 10:30:29 WIB - 965 View
Share
Review Webinar Meniti Karir di Industri Alat Berat dan e-sertifikat

 

 

 

Pada tanggal 1 April 2022 telah terlaksana webinar meniti karir di Industri Alat Berat, Kurang lebih di ikuti oleh 300-an peserta se Nusantara. Terdaftar 50 institusi SMA/SMK sederajat, 11 Perguruan tinggi, beberapa instansi pemerintahan dan beberapa perusahaan mitra AKABI yang mengikuti kegiatan ini. Dalam acara ini Keynote Speaker disampaikan oleh Mas Dimas Aryo Wicaksono, S.T, selaku dari SOBAT UT, menyampaikan terkait proses karir di PT United Tractors Tbk secara umum dan memotivasi untuk mengupgrade pengetahuan secara berkala agar sesuai zaman. Pemateri pertama disampaikan oleh Bapak Teguh Setiono,S.T., M.T. selaku presiden direktur PT Kamaju, beliau memberikan saran ketika memilih tempat berkarir, yaitu Perusahaan yang mempunyai prospek bagus dan bersifat longterm. Industri alat berat mempunyai dua hal tersebut, Dalam hal Prospek dan longterm, Industri alat berat, tersebar dibeberapa sektor, yaitu sektor forestry, contruction, agro dan mining. Berikutnya Mantan Direktur UT School ini, menjelaskan berkenaan dengan Jenjang karir di perusahaan distrbutor Alat Berat United Tractors, ketika seorang karyawan awal bekerja dengan ijazah SMK maka dia akan menjadi operator atau mekanik golongan 1 A dan memutuhkan waktu 10-15 tahun untuk menjadi plan supervisor, foreman. Namun jika awal bekerja dengan ijazah D3 akan berkarir langsung di golongan 3D dengan jabatan service officer dan bisa ditempuh dalam waktu 3-5 tahun untuk menjadi supervisor. Terlihat perbedaan yang signifikan jenjang karir lulusan SMK dengan D3, karena terdapat education level, dimana education level ni akan mempengaruhi tingkat kematangan maupun kedewasaan. Beliau juga memberikan saran kepada peserta untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi, terutama perguruan tinggi vokasi seperti AKABI (Akademi Teknik Alat Berat Indonesia) karena telah terjadi link and match. 

Pemateri kedua, disampaikan oleh Bapak Ir Yayat Supriatna selaku ketua pembina AKABI yang menyampaikan bahwa saat ini harga komoditas utama yang berpengaruh terhadap permintaan alat berat mengalami kenaikan, seperti thermal coal, CPO, petroliu crude oilm pulp and paper, tin dan nickel. Selain itu Mantan direktur UTR (Universal Tekno Reksajaya) anak perusahaan PT UT Group ini, menyampaikan Dalam Indusri alat berat terdapat banyak pekerjaan technical, seperti : mekanik, operator, Quality Officer, Technical Officer,Savety Officer, Instructur, warehouse Officer, sales. Mantan direktur UTI (Universal Tekno Industri) anak perusahaan PT UT Group ini, memperkenalkan konsep link and Match antara AKABI dan dunia industri, hal ini bisa dibuktikan dengan kurikulum, fasilitas dan pengajarnya sesuai dengan standart dengan Industri alat berat. Banyak kunjungan dan kerjasama yang telah AKABI lakukan, seperti dengan PT United Tractor tbk, PT Traknus, PT Bina Pertiwi, PT Ricobana Abadi, PT Mitrabara, PT Kamaju dan masih banyak yang lainnya.

KELAS PT KAMAJU-PT PPA-AKABI
Dalam kegiatan ini, juga kedatangan dari pihak industri yaitu dari PT PPA (Putra Perkasa Abadi) sebuah perusahaan nasional yang bergerak pada bidang mining contractor, yang diwakili oleh Pak Suryani. Di Industri beliau membutuhkan calon leader yang siap untuk diterjunkan pada bisnis alat berat. Peluang ini ditangkap oleh oleh kedua pemateri yang merencanakan program kerjasama tiga kemitraan (PT KAMAJU-PT PPA-AKABI). 

Link sertifikat click

We make it happen.!.

Link brosure bisa diunduh di :
https://bit.ly/brosurAKABI
https://bit.ly/brosurAKABI
https://bit.ly/brosurAKABI

bisa mendaftar langsung di pmb.akabi.ac.id
informasi whatsapp : wa.me/+6281228843351

Politeknik
Akademi Teknik Alat Berat Indonesia (AKABI) merupakan perguruan vokasi yang terletak dikota Malang Jawa Timur, telah bekerja sama dengan perusahaan Alat Berat Nasional dalam hal penyiapan tenaga profesional langsung kerja di dunia alat berat.
© 2024 Akademi Teknik Alat Berat Indonesia Follow AKABI : Facebook Twitter Linked Youtube